Persyaratan Pengajuan TASPEN/KARSU/KARIS PNS

Persyaratan Pengajuan TASPEN/KARSU/KARIS PNS 

Karsu-Karis merupakan salah satu kelengkapan administrasi yang harus dimiliki oleh seorang Pegawai Negeri Sipil. Karsu dan karis adalah kartu identitas istri/suami PNS dalam arti pemegangnya adalah suami/istri yang sah. Mungkin karsu-karis salah satu kelengkapan yang sering diabaikan. Banyak seorang PNS yang sudah menikah belasan tahun namun tidak punya karsu/karis.


Padahal kelengkapan ini tetap ada kegunaannya antara lain:

  1. Apabila pensiun suami/istri yang sah, atau yang ada karsu-karisnya yang berhak mengambil pensiun
  2. Karsu/Karis merupakan salah satu persyaratan untuk pengajuan pensiun ketika ingin mengajukan pensiun.

Dalam pembuatan/pengajuan  Karsu/Karis  dapat melalui UPTD Kecamatan yang berlanjut ke  Dinas pendidikan dan BKD setempat yang nantinya akan diteruskan ke BKN (Karena lembaga yang berhak mengeluarkannya adalah BKN ( Badan Kepegawaian Negara).

Bapak dan Ibu PNS sebagai bahan reverensi berikut ini apabila ingin membuat Karsu/Karis Syarat-syarat yang perlu disiapkan adalah:

  1. Mengisi Formulir, berupa laporan perkawinan pertama. (Lampiran I-A Surat Edaran Kepala BKN No.08/SE/1983 (Baca disini) Contoh formulir bisa ditanyakan/didapatkan di bagian kepegawaian UPTD Pendidikan terkait rangkap 2 atau silahkan (Download)
  2. Foto Copy Sah Akta/Surat nikah (dilegalisasi oleh Kepala KUA) rangkap 2
  3. Foto Copy Sah SK CPNS rangkap 2
  4. Foto Copy Sah SK PNS rangkap 2
  5. Foto Copy Sah Kartu Pegawai (Karpeg) rangkap 2
  6. Pas Foto Hitam Putih Suami/Istri ukuran 2x3, 2 lembar
Informasi bagi bapak dan ibu yang ingin mengajukan Taspen dan Karped silahkan download dibawah ini:
Baca juga untuk formulir lainnya:
  1. Formulir Laporan Perkawinan (Download)
  2. Formulir Laporan Perkawinan Janda/Duda (Download)
  3. Formulir Kehilangan Kartu Karpeg, Karsu/Karis, Taspen (Download)
  4. Formulir Data Pegawai (Download)
Demikian, persyaratan pengajuan Karsi/Karsu untuk melengkapi administrasi kepegawaian, yang tentu saja ada manfaatnya. itulah penjelasan yang singkat mengenai administrasi pembuatan Karsu/Karis, semoga bermanfaat.



Baca Juga





    Subscribe to receive free email updates:

    SDN 2 NGRANDU Informasi Pendidikan, Sekolah Dasar, Guru, Siswa, Administrasi Guru,Pembelajaran, Dapodikdas, PTK, Sertifikasi, PPG, NUPTK, NISN. rpp,rpp k13,rpph,rpp ktsp,rpp bahasa indonesia,rpp k13 kelas 4 rpph tema udara,rpp bahasa jawa sd kurikulum 2013 jawa timur,rpp kelas 3 semester 2,rpp bahasa inggris,rpp kurikulum 2013,rpp k13 revisi 2017,rpp tematik kelas 2 rpp kelas 2 semester 2,rpp tematik kelas 1,rpp bahasa arab,rpp k13 kelas 1,rpp gaji asn,rpp kelas 4 semester 2,rpph tk a semester 2,rpp ipa kelas 5 semester 2,rpp adalah,rpp akidah akhlak,rpp atletik,rpp akidah akhlak mi,aplikasi,raport,PNS,Dapodikdasmen,portal k7 bos alternatif,dokumen 1 k13 sd,dokumen 1 kurikulum 2013 tahun, download administrasi sekolah smp, perangkat pembelajaran kelas 2 sd,promes ktsp kelas 3 semester 1 2018.