RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 K-2013 Edisi Terbaru

RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 K-2013 Edisi Terbaru

RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 K-2013 Edisi Terbaru -Dasar Hukum pada penyusunan Rencana Pelaksanan Pembelajaran Kurikulum 2013 terdapat pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah.
RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 K-2013 Edisi Terbaru
RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 K-2013 Edisi Terbaru

Prinsip penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan berdasarkan pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses sebagai berikut:


  1. Perbedaan individual peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, adalah sebagai berikut:


  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester;
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. Hal itu dikarenakan pada kurikulum 2013 hasil revisi terbaru telah diperbaiki atau direvisi beberapa item yang perlu dimengerti oleh kita bersama.

Perbaikan atau revisinya adalah :


  1. Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  2. Mengintegrasikan literasi;
  3. Mengintegrasikan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
  4. Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill.

Jangan dilupakan bahwa gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang.

Pengintegrasian dapat berupa :


  • pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  • pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;

Perdalaman dan perluasan dapat berupa:


  • Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
  • Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
  • Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.

Program Literasi Sekolah

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Baca juga: RPP Kelas 2 SD/MI Tema 1 K-2013 Edisi Terbaru
Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
DOWNLOAD!
I. RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 1 K-2013 Pembelajaran 1 sampai 6:
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 1 Pb 1 Bermain di Lingkunganku.doc
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 1 Pb 2 Bermain di Lingkunganku.doc
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 1 Pb 3 Bermain di Lingkunganku.doc
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 1 Pb 4 Bermain di Lingkunganku.doc
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 1 Pb 5 Bermain di Lingkunganku.doc
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 1 Pb 6 Bermain di Lingkunganku.doc
II. RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 2 K-2013 Pembelajaran 1 sampai 6:
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 1 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 2 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 3 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 4 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 5 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 6 Bermain di Rumah Teman.docx
III. RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 3 K-2013 Pembelajaran 1 sampai 6:
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 3 Pb 1 Bermain di Lingkungan Sekolah.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 3 Pb 2 Bermain di Lingkungan Sekolah.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 3 Pb 3 Bermain di Lingkungan Sekolah.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 3 Pb 4 Bermain di Lingkungan Sekolah.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 3 Pb 5 Bermain di Lingkungan Sekolah.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 3 Pb 6 Bermain di Lingkungan Sekolah.docx
IV. RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 Subtema 4 K-2013 Pembelajaran 1 sampai 6:
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 4 Pb 1 Bermain di tempat Wisata.doc
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 4 Pb 2 Bermain di tempat Wisata.doc
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 4 Pb 3 Bermain di tempat Wisata.doc
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 4 Pb 4 Bermain di tempat Wisata.doc
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 4 Pb 5 Bermain di tempat Wisata.doc
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 4 Pb 6 Bermain di tempat Wisata.doc
Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga. Sedangkan untuk kali ini materi RPP Kelas 2 SD/MI Tema 2 K-2013 Edisi Terbaru ini kami bagikan semata-mata hanyalah membatu bapak dan ibu guru yang masih susah payah mencari model RPP, sehingga materi yang kami bagikan i i dapat dipergunakan sebagai bahan pembanding.


Baca Juga





    Subscribe to receive free email updates:

    SDN 2 NGRANDU Informasi Pendidikan, Sekolah Dasar, Guru, Siswa, Administrasi Guru,Pembelajaran, Dapodikdas, PTK, Sertifikasi, PPG, NUPTK, NISN. rpp,rpp k13,rpph,rpp ktsp,rpp bahasa indonesia,rpp k13 kelas 4 rpph tema udara,rpp bahasa jawa sd kurikulum 2013 jawa timur,rpp kelas 3 semester 2,rpp bahasa inggris,rpp kurikulum 2013,rpp k13 revisi 2017,rpp tematik kelas 2 rpp kelas 2 semester 2,rpp tematik kelas 1,rpp bahasa arab,rpp k13 kelas 1,rpp gaji asn,rpp kelas 4 semester 2,rpph tk a semester 2,rpp ipa kelas 5 semester 2,rpp adalah,rpp akidah akhlak,rpp atletik,rpp akidah akhlak mi,aplikasi,raport,PNS,Dapodikdasmen,portal k7 bos alternatif,dokumen 1 k13 sd,dokumen 1 kurikulum 2013 tahun, download administrasi sekolah smp, perangkat pembelajaran kelas 2 sd,promes ktsp kelas 3 semester 1 2018.