Instrumen Supervisi Kepala Sekolah Kurikulum 2013

Peningkatan  Kwalitas  pendidikan pada jenjang pendidikan sangat diperlukan pelaksanaan supervisi. Supervisi adalah salah satu tugas pokok administrasi pendidikan bukan hanya merupakan tugas pekerjaan para inspektur ataupun pengawas   melainkan tugas kepala sekolahterhadap pegawai-pegawai di sekolah. Istilah supervisi muncul kurang lebih tiga dasawarsa terakhir.
pengertian supervisi menurut para ahli antara lain adalah sebagai berikut:
Instrumen Supervisi Kepala Sekolah Kurikulum 2013
Instrumen Supervisi Kepala Sekolah Kurikulum 2013

  1. Menurut P Adam dan Frank G Dikcky seperti yang dikutip oleh Hendiyat Suetopo dalam bukunya  Binti Maunah, Supervisi adalah program yang berencana untuk memperbaiki pelajaran.
  2. Ngalim Purwanto menyebutkan bahwa supervisi adalah aktivitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru dan pegawai madrasah lainya dalam melakukan pekerjaan mereka  secara efektif.
  3. Sedangkan menurut Burton yang  dikutip oleh Ngalim Purwanto mendefinisikan bahwa: Supervisi yang baik mengarahkan perhatiannya kepada dasar-dasar pendidikan dan cara-cara belajar serta perkembangannya dalam pencapaian tujuan umum pendidikan, yang bertujuan memperbaiki dan mengembangkan proses belajar mengajar secara total.
  4. Menurut Oteng Utisna yang dikutip oleh Suharsimi Arikunto supervisi didefinisikan sebagai: Segala sesuatu dari para pejabat madrasah yang diangkat yang diarahkan kepada penyediaan kepemimpinan bagi para guru  dan tenaga pendidikan lain dalam  perbaikan pengajaran, melihat  stimulasi pertumbuhan profesional dan perkembangan dari para  guru, seleksi dan revisi, tujuan-tujuan pendidikan, bahan  pengajaran, metode-metode mengajar, dan evaluasi pengajaran.
Dari keseluruhan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa supervisi adalah proses bimbingan dari pihak atasan kepada guru-guru dan personalia sekolah  lainnya yang langsung menangani belajar para peserta didik, untuk memperbaiki situasi belajar mengajar agar dapat  mencapai tujuan yang diinginkan.
Secara Nasional tujuan kongkrit dari supervisi pendidikan adalah:
  1. Membantu guru melihat dengan jelas tujuan-tujuan pendidikan.  
  2. Membantu guru dalam membimbing pengalaman belajar peserta didik.
  3. Membantu guru dalam menggunakan alat pengajaran modern, metode-metode dan sumber-sumber pengalaman belajar.
  4. Membantu guru dalam menilai kemajuan para peserta didik dan  hasil pekerjaan guru itu sendiri.
  5. Membantu guru-guru baru di sekolah sehingga mereka merasa gembira dengan tugas yang diperoleh.
  6. Membantu guru-guru agar waktu dan tenaganya tercurahkan sepenuhnya dalam pembinaan sekolah
Seorang kepala sekolah dalam melakukan supervisi diperlukan instrumen yang di gunakan maka dari itu kami menyajikan Instrumen Supervisi Kepala Sekolah Kurikulum 2013,

Demikian yang bisa kami sajikan tentang Instrumen Supervisi Kepala Sekolah Kurikulum 2013 Semoga dapat bermanfaat


Baca Juga





    Subscribe to receive free email updates:

    SDN 2 NGRANDU Informasi Pendidikan, Sekolah Dasar, Guru, Siswa, Administrasi Guru,Pembelajaran, Dapodikdas, PTK, Sertifikasi, PPG, NUPTK, NISN. rpp,rpp k13,rpph,rpp ktsp,rpp bahasa indonesia,rpp k13 kelas 4 rpph tema udara,rpp bahasa jawa sd kurikulum 2013 jawa timur,rpp kelas 3 semester 2,rpp bahasa inggris,rpp kurikulum 2013,rpp k13 revisi 2017,rpp tematik kelas 2 rpp kelas 2 semester 2,rpp tematik kelas 1,rpp bahasa arab,rpp k13 kelas 1,rpp gaji asn,rpp kelas 4 semester 2,rpph tk a semester 2,rpp ipa kelas 5 semester 2,rpp adalah,rpp akidah akhlak,rpp atletik,rpp akidah akhlak mi,aplikasi,raport,PNS,Dapodikdasmen,portal k7 bos alternatif,dokumen 1 k13 sd,dokumen 1 kurikulum 2013 tahun, download administrasi sekolah smp, perangkat pembelajaran kelas 2 sd,promes ktsp kelas 3 semester 1 2018.