Instrumen Supervisi Kepala Sekolah Kurikulum 2013
Peningkatan Kwalitas pendidikan pada jenjang pendidikan sangat diperlukan pelaksanaan supervisi. Supervisi
adalah salah satu tugas pokok administrasi pendidikan bukan hanya
merupakan tugas pekerjaan para inspektur ataupun pengawas melainkan
tugas kepala sekolahterhadap pegawai-pegawai di sekolah. Istilah
supervisi muncul kurang lebih tiga dasawarsa terakhir.
pengertian supervisi menurut para ahli antara lain adalah sebagai berikut:
Instrumen Supervisi Kepala Sekolah Kurikulum 2013 |
- Menurut P Adam dan Frank G Dikcky seperti yang dikutip oleh Hendiyat Suetopo dalam bukunya Binti Maunah, Supervisi adalah program yang berencana untuk memperbaiki pelajaran.
- Ngalim Purwanto menyebutkan bahwa supervisi adalah aktivitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru dan pegawai madrasah lainya dalam melakukan pekerjaan mereka secara efektif.
- Sedangkan menurut Burton yang dikutip oleh Ngalim Purwanto mendefinisikan bahwa: Supervisi yang baik mengarahkan perhatiannya kepada dasar-dasar pendidikan dan cara-cara belajar serta perkembangannya dalam pencapaian tujuan umum pendidikan, yang bertujuan memperbaiki dan mengembangkan proses belajar mengajar secara total.
- Menurut Oteng Utisna yang dikutip oleh Suharsimi Arikunto supervisi didefinisikan sebagai: Segala sesuatu dari para pejabat madrasah yang diangkat yang diarahkan kepada penyediaan kepemimpinan bagi para guru dan tenaga pendidikan lain dalam perbaikan pengajaran, melihat stimulasi pertumbuhan profesional dan perkembangan dari para guru, seleksi dan revisi, tujuan-tujuan pendidikan, bahan pengajaran, metode-metode mengajar, dan evaluasi pengajaran.
Dari keseluruhan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa supervisi
adalah proses bimbingan dari pihak atasan kepada guru-guru dan
personalia sekolah lainnya yang langsung menangani belajar para peserta
didik, untuk memperbaiki situasi belajar mengajar agar dapat mencapai
tujuan yang diinginkan.
Secara Nasional tujuan kongkrit dari supervisi pendidikan adalah:
- Membantu guru melihat dengan jelas tujuan-tujuan pendidikan.
- Membantu guru dalam membimbing pengalaman belajar peserta didik.
- Membantu guru dalam menggunakan alat pengajaran modern, metode-metode dan sumber-sumber pengalaman belajar.
- Membantu guru dalam menilai kemajuan para peserta didik dan hasil pekerjaan guru itu sendiri.
- Membantu guru-guru baru di sekolah sehingga mereka merasa gembira dengan tugas yang diperoleh.
- Membantu guru-guru agar waktu dan tenaganya tercurahkan sepenuhnya dalam pembinaan sekolah
Seorang kepala sekolah dalam melakukan supervisi diperlukan instrumen yang di gunakan maka dari itu kami menyajikan Instrumen Supervisi Kepala Sekolah Kurikulum 2013,
Demikian yang bisa kami sajikan tentang Instrumen Supervisi Kepala Sekolah Kurikulum 2013 Semoga dapat bermanfaat